Paten

Pengertian Paten

Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya, mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan.

Warga cukup menyerahkan berkas ke petugas meja/loket pelayanan, duduk menunggu sejenak, kemudian dipanggil untuk menerima dokumen yang sudah selesai.

Maksud dan Tujuan Paten

Maksud untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat, secara kondisi geografis daerah akan lebih efektif dan efisien di layani melalui kecamatan.

Tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan ini terutama terlihat dari aspek waktu dan biaya pelayanan. Melalui penyelenggaraan PATEN, Lokasi kecamatan jelas lebih dekat relatif mudah di jangkau masyarakat bila dibandingkan dengan (ibukota) kabupaten dan waktu yang diperlukan juga menjadi lebih sedikit.

Visi dan Misi Paten

Visi : terwujudnya pelayanan yang prima, transparan dan akuntabel

Misi :

  • Meningkatkan kualitas pegawai di Kecamatan Ngawen yang siap dalam setiap hal pelayanan, yang ramah dan berdisiplin.
  • Menciptakan proses pelayanan yang efektif, efisien dan transparan untuk mencapai hasil yang berkwalitas.
  • Menggunakan fasilitas kerja yang tepat guna tercapainya kwalitas pelayanan yang optimal
    Dasar Hukum.
  • Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.
  • Perbup Blora No. 27 Tahun 2012 tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang Bupati Kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora
  • Keputusan Bupati Blora NO. 140/887/2014 tentang penetapan 16 Kecamatan sebagai Penyelenggara Kegiatan PATEN di Kabupaten Blora